Selasa, 29 Maret 2011

IPA or IPS? Science class or Social class?

Well, skrg gw kan uda kelas 10. Dan keknya gak sampe 2bulang lagi gw uda disuru untuk memilih! Yah, memilih mau masuk IPA atau IPS. Dan gw jg gatau gimana cara milih2 nya gtu. Dan yg lebih parah nya lagi : GW GATAU MAU MILIH APA?! Hell.
Serba salah tau gasih? Disatu sisi gw gapande MAFIA, gw gasuka MAFIA, dan gw gak pernah bisa tiap dikasi soal2 yg berhubungam ttg MAFIA! Dan kalo pelajaran tentang IPS, yaitu : ekonomi, sosiologi, geografi. Bisa dibilang gw lumayan 'PRO'. Krn tiap ujian, meskipun gablajar, paling gak gw gak pernah sampe kebakaran jenggot seperti mau ujian MAFIA!!! Kalo hapal2 kan lumayan gampang lah, pagi-pagi baca-baca uda lumayan bisa. Coba MAFIA? Mau baca sampe rambut ubanan jg gw gak ngerti kalo gak dijelasin! Bah. Tapi di sisi lain, masyarakat luas telah beranggapan dan berasumsi bahwa kelas IPA itu lebih punya 'NAMA' dibandingkan IPS. Kelas IPA itu dianggap lebih 'PINTAR' drpd kelas IPS. Tapi sadar enggak sih? Enggak sedikit anak IPS yg 'otaknya' jauuuuh lebih pinter dari anak2 yg milih masuk IPA, tetapi lebih milih masuk IPS! Mungkin dia punya alasan tersendiri, tapi ada enggak sih satu alasan yg bisa mewakilin pertanyaan : MENGAPA ADA ANAK IPS YG LEBIH PINTER DARI ANAK IPA, TETAPI DIA MEMILIH MASUK JURUSAN IPS?

Gue pribadi, BINGUNG!! Gue pengen banget masuk IPA karena : ada bedah kodok, bedah ikan mas, denger2 ada bedah ayam lagi! Ih! Pasti seru banget tuh!! Tapi disatu sisi, gue juga gamau belajar mati-matian. Secara, kalau masuk IPS kan gaperlu les MAFIA, gaperlu ikut lab. Bio + Fisika. Yah palingan Lab. Komputer doang. And UANG buat les MAFIA, mungkin bisa aja gw pake buat les yg lain : BAHASA. Bahasa inggris, mandarin, jepang, latin, korea, jerman, prancis. ONO! Gue pengeeeennn banget bisa menguasai berbagai ragam bahasa didunia! And, satu hal yg gue kesel dari sekola gue : KENAPA GADA JURUSAN LITERATURE???!!! Seru tau kalau loe bisa menguasai berbagai macam bahasa yang ada di dunia ini!! Gue pernah denger ntah kata guru mana lah gitu bahwa : "ORANG YANG BISA MENGUASAI BERBAGAI RAGAM BAHASA DI DUNIA, MAKA DIA BISA MENGUASAI DUNIA. KARENA MESKIPUN DIA PINTER DALAM BIDANG MATEMATIKA, TETAPI HANYA MENGUASAI MATEMATIKA TSB DALAM 1BAHASA ATAU MUNGKIN 2BAHASA, BAGAIMANA DENGAN NEGARA LAIN YANG JUGA MEMILIKI PELAJARAN MATEMATIKA, TETAPI MENGGUNAKAN BAHASA YANG BERBEDA?"
ngerti gasih maksudnya? Gini loh......... coba lu bayangin, kalo lu bisa menguasai berbagai ragam bahasa dan lu pergi ke luar negeri(yang jauh lah). Meskipun lu buta sama sekali tentang matematika dia 'negara tsb', tetapi dgn kemampuan berbahasa-mu, kamu dpt bertanya dan mengerti apa yang akan di ajarkan oleh guru mu itu. Ngerti kan?! Intinya itu : Berbahasa dalam bersosialisasi. Lu musti jago bergaul dan bersosialisasi!
Well, ini agak lari dari topik tapi bener deh gw gatau mau pilih jurusan apa. ANY SUGGESTIONS?

Regards,
VLODOO.

1 komentar:

  1. Setau gw sih, kalo pelajaran MAFIA itu sama smua.. Mw di afrika, australia, amerika,dll 1+1 itu tetap akan menjadi 2... Itu sebab nya IPA itu di blg ilmu pasti... Sedangkan kalau IPS? Sejarah, ekonomi,dll itu di setiap negara pasti berbeda.. Walaupun kita belajar tentang sejarah maupun ekonomi mreka.. Itu belum tentu benar.. Bisa saja apa yg dikatakan guru kita (indonesia) dengan apa yg guru mereka (dunia) ajarkan itu ga sama.. Trus sapa yg benar? Kita harus percaya yang mana? Mungkin bsa lu pertimbangkan deh.. :)

    BalasHapus